TIPS DAN MANFAAT OLAHRAGA CALISTHENIC


Pentingnya olahraga dan menjaga tubuh kian disadari oleh banyak orang. Saat ini, kamu bisa melihat ramainya tempat olahraga yang dipenuhi banyak orang untuk sekedar menjaga stamina, menurunkan berat badan, atau membentuk badan pas. Melainkan, tidak seluruh orang rela mengalokasikan uang mereka untuk jadi member gym. Apalagi untuk kau yang tidak rajin datang ke gym uang member kamu akan terbuang sia-sia.

Ada sebagian pilihan olahraga untuk kamu yang tidak suka berolahraga di gym seperti berlari, berenang dan bersepeda. Selain sebagian pilihan olahraga di atas ada salah satu popularitas olahraga baru ialah calisthenic atau street workout. Untuk lebih mengenal olahraga calisthenic itu sendiri, sesungguhnya olahraga variasi ini ialah olahraga yang cuma menggunakan berat tubuh kita sendiri tanpa semestinya menggunakan bobot tambahan seperti barbel dan dumbel, yang kau butuhkan cuma harapan untuk berolahraga.

Meskipun dijalankan tanpa alat asisten tetapi hasil yang didapat dari calisthenic tidak keok dari fitnes yang dijalankan di gym, tubuh juga akan menjadi atletis dan kelihatan menawan dipandang mata, bahkan bisa dibilang format tubuh yang diwujudkan dari calisthenic training cenderung lebih proporsional. Selain membentuk tubuh terbukti olahraga calisthenic atau street workout memiliki sebagian manfaat seperti:

LEBIH PRAKTIS

Mengetahui olahraga calisthenic tidak lepas dari manfaatnya. Salah satu manfaat street workout ialah lebih praktis dari olahraga lain jadi kau tidak memerlukan tempat dan perlengkapan olahraga lain. Latihan dengan calisthenic tentu saja lebih praktis karena tidak memerlukan alat yang susah didapat, mahal, dan tidak ringkas. Kebanyakan gerakan calisthenic ini cuma memerlukan berat tubuh kamu. Hanya ada sebagian gerakan yang memerlukan alat bantu itu bahkan cuma sebuah bar untuk pull up dan variasinya serta tempat duduk untuk melaksanakan variasi-variasi gerakan dips.

DAPAT DILAKUKAN DIMANA SAJA DAN KAPAN SAJA

Kelebihan kedua olahraga calisthenic ialah bahwa calisthenic training bisa dijalankan dimana saja bagus di rumah, di tanah lapang, bahkan di kantor ketika anda sedang rehat karena gerakan-gerakan latihan ini tidak memerlukan tempat yang luas dan perlengkapan yang merepotkan. Kamu bisa melaksanakan gerakan ini hampir dalam tiap kans bagus hari awam, akhir pekan, ataupun ketika sedang tamasya.

BANYAK VARIASI GERAKAN

Mengetahui olahraga calisthenic tidak lepas dari manfaatnya yang membentuk hampir seluruh member tubuh kau. Alasan mengapa olahraga ini bisa membentuk hampir seluruh member tubuh kau ialah karena street workout ini memiliki banyak variasi gerakan. Salah satu perbedaan calisthenic dengan latihan bobot ialah calisthenic mengandalkan gerakan yang lebih susah dari tiap jenjangnya walaupun latihan bobot mengandalkan jumlah bobot yang bisa diangkat.

Sebagai contoh kita mengenal gerakan push up, maka tahapan yang lebih tinggi kita akan mengenal diamond push up, one hand push up, dan lain sebagainya. Inilah yang membikin variasi gerakan calisthenic menjadi betul-betul banyak. Kamu juga bisa mempertimbangkan bagian tubuh bagian mana yang kau mau format tiap kau training.

MELATIH BANYAK BAGIAN OTOT SEKALIGUS

Manfaat olahraga calisthenic berikutnya ialah olahraga yang satu ini melatih sebagian otot sekalian tiap training. Berbeda dengan latihan latihan bobot di gym yang gerakannya terkonsentrasi untuk melatih salah satu bagian otot saja, Keistimewaan calisthenic training ialah kecakapan latihan ini untuk melatih sebagian bagian otot sekalian. Sebagai contoh ialah gerakan push up, gerakan ini bisa melatih tangan, bahu, dada, punggung, dan bahkan perut secara beriringan.

BENTUK TUBUH LEBIH PROPORSIONAL

Manfaat olahraga calisthenic berikutnya ialah kamu bisa membentuk tubuh kau menjadi lebih proporsional. Mungkin kamu pernah melihat seorang binaraga yang memiliki tubuh tidak seimbang, ada bagian yang besar ada bagian yang kecil, hal ini dikarenakan latihan bobot umumnya konsentrasi ke bagian otot tertentu jadi menyebabkan badannya tidak proporsional.

Calisthenic berbeda dengan latihan bobot karena bisa melatih sebagian bagian otot sekalian sehingga otot-otot hal yang demikian berkembang secara beriringan dan seimbang, hal inilah yang membikin tubuh lebih proporsional dengan calisthenic. Untuk mengenal olahraga calisthenic lebih jauh kau bisa bergabung di komunitas street workout di tempat sekitarmu.

Itulah sebagian manfaat melaksanakan olahraga calisthenic atau street workout. Untuk menerima manfaatnya dengan maksimal kau semestinya lebih mengenal olahraga calisthenic dengan mencoba melaksanakan olahraga ini di rumah. Selain bagus untuk membentuk tubuh, olahraga yang satu ini terbukti bagus juga untuk menjaga kesehatan kamu. Nah bila kau mau menjaga kesehatan kamu sambil membentuk tubuh atletis, olahraga ini ialah pilihan yang pas.
loading...

Comments

Popular posts from this blog

SEJARAH CALISTHENIC

Gerakan Dasar Calisthenic